RAHASІA Menjalankan Bisnis Jasa Titip Barang Secara Online

Bagi Anda yang suka berbelanja banyak, maka Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan layanan belanja online atau fixed-purchase. Biasanya barang yang diset dbel adalah barang luar negeri yang bermerk. Namun ada juga yang menjalankan bisnis ini dari barang-barang lokal buatan dalam negeri. Meski terkesan sepele, ternyata tidak sedikit upaya yang dilakukan di Indonesia. Anda bisa dengan mudah menentukan toko online di Instagram yang menawarkan layanan online.

Apakah kamu tertarik? Karena sedikit pembeli yang malas atau tidak sempat membeli barang dan lebih memilih menggunakan jasa orang lain untuk membeli produk yang diinginkan.

Maka dari itu, simak sukses berbisnis tanpa membeli barang, diantaranya:

Tentukan Jenis Produk yang Bisa Dijadikan dititipkan

Agar Anda lebih mudah dalam mengontrol bisnis Anda, tentukan jenis produk yang bisa Anda atur agar bisa Anda beli. Sehingga Anda tidak sering berkeliling tempat untuk mencari barang pesanan. Misalnya, Anda berkonsentrasi pada layanan tetapi tidak membeli pakaian wanita bermerek di Jakarta. Artinya Anda harus menerima pesanan untuk membeli pakaian wanita branded. Target pasarnya juga sudah jelas, yakni pembeli dari kalangan menengah ke atas.

Cara Mendapatkan Pembeli

Menjalankan bisnis membutuhkan kepercayaan dari pembeli. Pertama-tama, mulailah dengan menawarkan kepada orang yang Anda kenal, seperti saudara dan rekan kerja. Hanya dengan begitu Anda akan lebih mudah meyakinkan pembeli yang belum mengenal Anda. Anda dapat menunjukkan kepada mereka bukti bahwa sejumlah orang telah menggunakan layanan Anda.

Strategi Pemasaran Online

Selain berjualan ke kenalan, manfaatkan juga saluran pemasaran online untuk menarik pembeli. Anda dapat menggunakan Instagram, Facebook, dan situs web e-niaga. Tentu saja, Anda harus secara teratur memperbarui setiap saluran pemasaran online ini. Dengan begitu, peluang Anda untuk mendapatkan pembeli sebelumnya semakin besar.

Artikel Terkait  3 Jenis Kerja Sampingan ini Menguntungkan, Tapi Tidak Mudah

Tetapkan Tarif Wajar

Jangan sampai menentukan harga yang mahal karena akan membuat pembeli menganggapnya tidak adil. Cukup mematok 5-10 persen per item dari harga item tersebut. Misalnya barang yang dititipkan adalah Rp. 1 juta. Artinya tarif pelayanan barang Anda berada pada kisaran Rp 50.000 – Rp 100.000 per item.

Sistem Pembayaran di Muka

Sebaiknya, Anda menerapkan sistem prabayar untuk meminimalkan kerugian. Karena terkadang orang yang sudah memesan, namun membatalkannya secara sepihak setelah membelinya. Cara ini juga akan memudahkan Anda yang memiliki modal terbatas. Jadi, setelah pembeli mentransfer harga barang ditambah biaya jasa dan biaya pengiriman, maka Anda tinggal melaksanakan kewajiban Anda untuk membelinya.

Transparan mengenai Harga

Ingat, Anda harus menjalankan bisnis Anda dengan jujur ​​dan transparan. Beri tahu pembeli berapa harga barang dan berapa biaya layanan yang dikenakan untuk setiap barang. Kedepannya, pembeli Anda tentu akan semakin mempercayai jasa Anda dan menjadi pelanggan setia. Mereka juga lebih percaya diri untuk merekomendasikan bisnis Anda kepada orang lain.

Lakukan Riset

Jangan hanya menunggu perintah. Bisnis baru ini bisa berjalan jika Anda sering melakukan riset ke banyak mall atau pusat perbelanjaan dan event sales. Dengan begitu, maka Anda akan mengetahui produk-produk populer di pasaran. Dan Anda dapat terus memperbarui katalog produk dan dapat menarik pembeli untuk terus berbelanja.

Nah, itulah sejumlah tips menjalankan bisnis jasa tapi bukan barang. Apakah kamu tertarik? Jika iya, maka cobalah untuk segera menguasai bisnis yang sederhana namun menguntungkan bagi Anda.

Leave a Comment