PELUANG Bisnis Kedelai Yang Mampu Meningkatkan Penghasilan Anda

Seperti yang kita ketahui bersama, beberapa bulan lalu kita disuguhi berita hilangnya kedelai dari pasaran. Hal ini jelas mengganggu produksi beberapa produk yang mengandalkan kedelai sebagai bahan baku utamanya, seperti tempe, tahu, dan kecap. Pada akhirnya pemerintah menambah kran untuk mengimpor kedelai dari luar negeri, hal ini juga menyebabkan petani kedelai lokal yang ada kalah bersaing dengan kedelai impor. Karena pada akhirnya kedelai impor cenderung lebih banyak dibeli daripada kedelai lokal oleh produsen tahu, tempe, dan kecap.

Kebijakan “impor kedelai” ini memang bukan kebijakan yang salah, namun juga tidak boleh merugikan petani lokal yang ada. Toh, harus diakui kedelai lokal tidak mampu memenuhi kuota kebutuhan kedelai nasional secara umum. Lalu, apakah usahatani kedelai masih bisa diandalkan dan masih memiliki prospek yang bagus untuk dikembangkan? Tentu saja masih.

Seperti yang kita ketahui, kedelai merupakan bahan dasar dalam pembuatan tahu, tempe dan kecap. Kita juga tahu bahwa ketiga komoditas ini memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Tempe dan tahu adalah lauk pauk yang biasa kita makan dan sajikan dengan makanan pokok lainnya, sedangkan kecap juga tak kalah pentingnya. Jadi mungkin kita tidak bisa membayangkan jika kedelai pada awalnya sulit ditemukan di pasaran, maka mungkin kita juga akan kesulitan menemukan tempe, tahu dan kecap.

Perlu diketahui bahwa berdasarkan informasi yang berhasil penulis peroleh, kebutuhan kedelai dapat mencapai 2,2 juta ton per tahun per tahun, sedangkan impor yang dapat diproduksi oleh pemerintah adalah 1,3 juta ton kedelai per tahun, dan hanya 850 juta ton per tahun. juta ton kedelai lokal. ton per tahun. Jadi masih ada sekitar 50 ribu ton per tahun yang masih bisa kita manfaatkan. Bukankah ini kesempatan?. Apalagi jika kita melihat ujungnya, harga kedelai impor cenderung lebih tinggi dari kedelai lokal dengan seringnya menaikkan nilai tukar rupiah terhadap dolar.

Artikel Terkait  Jalankan 5 IDE Bisnis Sampingan Ini Bagi Anda Yang Karyawan

Jadi ini juga bisa dijadikan peluang, dengan naiknya harga kedelai impor, bisa dipastikan produsen tempe, tahu dan kecap cenderung lebih memilih kedelai lokal yang harganya jelas akan lebih murah.

Semoga apa yang kami sampaikan dapat memberikan manfaat dan semangat bagi kita semua. Semoga berhasil

Leave a Comment